Menangguk Rupiah dari Udang Merah

Bookmark and Share
Budidaya Buat Semua

Budidaya Buat Semua
Budidaya ikan hias merupakan salah satu mata pencaharian masyarakat Kabupaten Bandung. Jenis ikan yang dibudidayakan antara lain koki, manvish, koi, koridoras, lobster air tawar, plati, cupang, kissing guramy dan gupy.

Adapun lobster air tawar yang cukup mudah dibudidayakan serta pemasarannya cukup lancar adalah udang merah (Procambarus, sp). Peluang usaha ikan hias cukup prospektif dan dapat dilakukan dengan lahan dan modal terbatas. Lahan terbatas, yaitu dapat memanfaatkan pekarangan dan di dalam rumah. Modal terbatas, yaitu dapat dimulai dengan usaha skala kecil.

Teknis Budidaya

Lahan atau wadah budidaya udang merah dapat berupa akuarium, bak tembok, kolam tanah, kolam plastik atau wadah lain yang dapat menampung air. Pemanfaatan lahan pekarangan atau rumah dapat menjadi alternatif untuk budidaya udang merah ini. Luas lahan yang diperlukan minimal 10 m2, terdiri dari lahan terbuka dan tertutup.

Lahan terbuka yang dimaksud berupa pekarangan rumah yang mendapat sinar matahari, sedangkan lahan tertutup berupa teras rumah atau ruangan di dalam rumah yang mendapat sinar matahari terbatas atau tidak mendapat sinar matahari setiap hari.

Adapun sumber air yang digunakan dapat berupa saluran irigasi atau sumur untuk keperluan rumah tangga. Hal ini dimungkinkan karena untuk usaha ikan hias,termasuk udang merah tidak memerlukan air yang melimpah. Tetapi, air terbatas yang berkualitas baik dan dapat disirkulasi untuk penghematan air tersebut.

Ciri induk jantan yang siap dikawinkan adalah panjang standar 10 cm, badannya berwarna merah menyala, alat kelamin berupa jumbai putih 2 pasang, berumur sekitar 6 bulan dan capit lengkap. Adapun ciri induk betina panjang standar 8 cm, badannya berwarna merah kecoklatan, alat kelamin berupa titik putih di tengah badan, berumur 6 bulan serta capit lengkap atau tanpa capit.
By. Budidaya Buat Semua

{ 1 komentar... Views All / Post Comment! }

Unknown mengatakan...

kalau ada yang tau lokasi farm di jogja kasih kabar ya ke 085729854489

Posting Komentar