NILA GESIT

Bookmark and Share
Budidaya Nila
Budidaya Nila
Cara pemeliharaan nila GESIT adalah mendederkan benih calon induk nila, jika sesuai dengan ukuran maka potong sirip dada bagian kiri setelah itu dibesarkan hingga tumbuh menjadi nila GESIT.
Nila GESIT merupakan nila hitam jantan YY (YY Supermale) hasil pemuliaan Pusat Pengembangan Induk Ikan Nila Nasional (PPIINN), bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Institut Pertanian Bogor (IPB). Varietas ikan nila Gesit telah dilepas sebagai Galur Unggul Induk Jantan, dengan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan No. KEP.44/MEN/2006. Secara normal, ikan nila betina memiliki kromosom XX, sedangkan ikan jantan berkromosom XY. Melalui rekayasa set kromosom, ikan nila jantan diubah menjadi berkromosom YY, sehingga jika induk jantan tersebut dikawinkan dengan induk nila betina normal, maka akan dihasilkan benih jantan (XY) hingga 96%.
Mengingat tidak terdapat perbedaan tampilan luar yang nyata antara ikan nila GESIT dengan nila hitam biasa, maka pemeliharaan ikan nila GESIT memerlukan penandaan serta penanganan tertentu.
Wadah pemeliharaan nila GESIT harus terisolir/terkontrol sehingga tidak memungkinkan tercampur dengan ikan nila lain. Penandaan dilakukan dengan cara memotong sirip dada sebelah kiri. Pemotongan dilakukan hingga pangkal sirip agar tidak tumbuh lagi dan sesudahnya diolesi dengan obat antiseptik. Benih nila GESIT selanjutnya dipelihara hingga menjadi induk untuk digunakan dalam memproduksi benih monoseks jantan.
By. Budidaya Nila

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar