Membantu Masyarakat Untuk Transfer Teknologi Budidaya Gurame

Bookmark and Share
Budidaya Gurame

Budidaya Gurame
pembuatan kolam budidaya Gurame dengan teknologi Kolam Terpal.  memiliki jenis tanah gembur yang agak porus ,dimana posisi tanah berada diatas aliran air, sehingga air tidak dapat dialirkan secara grafitasi masuk ke kolam budidaya. Lahan juga merupakan pekarangan kosong yang belum termanfaatkan.  Sehingga penerapan kolam terpal sangat bagus sekali, dengan modal pembuatan yang murah, tahan lama, dan sangat mendukung budidaya secara sempurna.
Pembuatan Kolam terpal diterapkan pada lahan pekarangan belakang.  Pengerjaan dikerjakan secara gotong royong dengan warga sekitar yang antusias untuk nantinya mengikuti teknologi kolam terpal ini.  Kolam terpal di rumah. sebagai Pilot projek awal percontohan Budidaya Gurame Pendederan Gurame 2 dari ukuran jari hingga ukur 3 jari (3 bulan). Setelah kolam selesai dibuat tanggulnya, kemudian disebarkan sekam pada dasar kolam sebagai isolator panas. 
Setelah sekam disebar secara merata, maka terpal yang telah disiapkan di tata dan diterapkan pada kolam yang telah dibuat, kemudian terpal bagian atas ditimbun dengan tanah kembali agar terpal tetap awet tidak terkena panas dan hujan, timbunan tanah diatur dekat dengan permukaan air kolam sehingga kolam akan awet digunakan hingga 3 - 5 tahun.  setelah kolam selesai dibuat tunggu hingga kering dan siap untuk digenangi dengan air. dan dipersiapkan untuk budidaya ikan gurame dengan perlakuan lanjutan berupa pengkondisian air siap tebar benih gurame.
By. Budidaya Gurame

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar