Budidaya lobster air tawar adalah usaha yang dapat ditekuni

Bookmark and Share
Budidaya Lobster
Budidaya Lobster
Harganya di pasaran cukup tinggi, sekitar 250 ribu rupiah per kilogram, membuat budidaya lobster air tawar menjanjikan keuntungan bila dilakukan dengan teknik yang benar.
Proses pembesaran dilakukan di kolam sawah, kolam fiber ataupun akuarium dlm skla kecil tetapi lobster dapat tumbuh lebih cepat di dlm kolam tanah karena mendapatkan makanan dari alam tetapi kita juga harus memperhatikan kualitas air karena air yang jelek dapat menyebabkan lobster menjadi mati.
Lobster yang dibudidayakan disini lobster air tawar, Jenis ini paling banyak diminati pasar, terutama untuk restoran sea food, dan hotel berbintang.
Budidaya lobster air tawar disini mulai dari pemijahan. Proses pemijahan dilakukan di bak semen ataupun bak fiber. Induk lobster disatukan di dalam bak hingga terjadi perkawinan dan membuahkan telur.
Proses pembesaran lobster dilakukan di kolam tanah,kolam semen ataupun bak fiber. Lobster tumbuh optimal di kolam air tawar dengan ph antara 7 hingga 9, dan suhu antara 23 hingga 30 derajat celsius.
Pemeliharan lobster air tawar relatif tidak sulit. Untuk kolam tanah, makanannya tersedia secara alami berupa plankton. Sebagai makanan tambahan diberikan campuran parutan singkong, buah pepaya dan pelet. Pakan tambahan ini ditebarkan ke kolam sekali sehari.
Lobster dipanen setelah dipelihara selama enam bulan lobster berukuran 15cm yang sudah layak konsumsi. Pada usia tiga bulan seperti ini, lobster sudah dapat dikonsumsi, namun dari sisi ukuran belum layak, karena belum memenuhi kriteria permintaan pasar.
Permintaan lobster air tawar cukup tinggi dan belum seluruhnya dapat dipenuhi. Setiap minggunya sentra budidaya lobster air tawar ini menerima permintaan sekitar 5 kwintal lobster, namun baru dapat dipenuhi sekitar 1 kwintal saja.
By. Budidaya Lobster

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar