Habitat Ikan Gurami

Bookmark and Share
Budidaya Buat Semua

Budidaya Buat Semua
Gurame merupakan jenis ikan konsumsi air tawar yang banyak kita jumpai di tempat rumah makan atau di lestauran, bentuk badan pipih lebar, dibagian punggung berwarna kecoklatan dan bagian perut berwarna kekuning-kuningan/ keperak-perakan. Ikan gurame untuk sekarang ini sangat populer, dan banyak masyarakat sekarang yang membudidayakan. Ikan Gurami merupakan keluarga Anabantidae, keturunan Helostoma dan bangsa Labyrinthici. Ikan gurami berasal dari perairan daerah Sunda (Jawa Barat,Indonesia), dan menyebar ke Malaysia, Thailands, Ceylon dan Australia. 
Ikan gurami bisa hidup di sungai-sungai, rawa dan kolam, termasuk pula di air payau; namun paling menyukai kolam-kolam dangkal dengan banyak tumbuhan. Sesekali ikan ini muncul ke permukaan untuk bernafas langsung dari udara.

Ikan gurami bisa tumbuh besar sampai beratnya 5-7Kg, untuk pengembangbiakan bisanya Induk - induknya untuk beberapa waktu lamanya, menjaga dan memelihara anak-anaknya. Telurnya dilekatkan di tetumbuhan air atau ditaruhnya di sarang yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan.Ikan Gurami biasanya pemakan tumbuhan yang ada di air, namun mau juga memangsa serangga, ikan lain, dan juga barang-barang yang membusuk di air. Dari sifatnya yang rakus tumbuhan itu, gurami juga dimanfaatkan sebagai pengendali gulma di kolam-kolam.

Sekianlah dari kami, singkat padatnya tentang pengenalan Ikan gurami.
By. Budidaya Buat Semua

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar